5 Tips Mengatasi Kelopak Mata Membengkak

| January 11, 2015 | 0 Comments

Kelopak mata membengkak atau sembab, dapat terjadi karena berbagai hal. Salah satunya karena debu, alergi pada kulit di sekitar mata, juga karena mata lelah dan efek dari sakit mata. Beberapa tips di bawah ini dapat membantu mengatasi kelopak mata membengkak.

1. Lakukan kompres pada kelopak mata menggunakan irisan mentimun dingin, kentang dan tomat dingin, juga kantong teh yang didinginkan dalam lemari es. Kompres juga dapat dilakukan dengan batu es. Kompres selama kurang lebih lima belas menit.

2. Kompres juga bisa dilakukan dengan air hangat dan garam laut. Gunakan kapas dan celupkan kapas pada air hangat yang telah dicampur dengan garam laut. Kompres selama kurang lebih lima belas menit.

3. Merimbang mata dengan air sirih yang telah direbus atau dengan cairan khusus untuk merimbang mata, dapat menolong menghilangkan kelopak mata yang membengkak. Adakalanya, kelopak mata membengkak terjadi karena alergi debu.

4. Menggunakan irisan bawang putih atau bawang putih yang telah ditumbuk lembut, dapat membantu mengatasi kelopak mata yang membengkak atau bintitan. Letakkan irisan bawang atau bawang putih yang telah dihaluskan pada kelopak mata.

5. Konsulltasikan pada dokter jika kelopak mata cenderung semakin membengkak. Oleskan salep atau obat luar yang digunakan sesuai dengan petunjuk dokter. Jangan biasakan untuk menggosok kelopak mata dengan tangan yang kotor.

Category: Uncategorized

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *