Diagnosis kanker Pankreas

| November 25, 2012 | 0 Comments

 

Diagnosis awal pada tumor di dalam tubuh atau ujung pankreas adalah sulit karena gejala-gejala lambat terjadi dan pengamatan fisik dan hasil tes darah sering kali normal.Ketika adenocarcinoma pada pankreas diduga, pemeriksaan diagnosis yang paling tepat adalah computed tomography. Pemeriksaan lain yang umumnya digunakan adalah pemindai ‘ultrasonik’, endoscopic retrograde cholangiopancreatograpy dan magnetic resonance imaging (MRI).

Untuk memastikan diagnosis seorang dokter bisa memperoleh contoh pankreas untuk diteliti di bawah mikroskop (biopsi) dengan memasukkan jarum melalui kulit menggunakan CT atau pemindai ‘ultrasonic’ sebagai panduan. Meskipun begitu, pendekatan ini sering kali tidak terlihat tumor tersebut dan bisa menyebarkan sel kanker keluar daerah lokal sepanjang lintasan jarum. Pendekatan yang sama kemungkinan digunakanuntuk memperoleh contoh biopsy dari hati untuk melihat kanker yang telah menyebar ke pankreas, jika hasil dari pemeriksaan ini adalah normal tetapi dokter masih menduga keras adenocarcinoma. Pankreas mungkin diteliti dengan cara dioperasi.

Kanker pankreas biasanya ditemukan secara kebetulan pada saat tes darah atau CT-scan untuk masalah berbeda. Letak pankreas yang dalam dan tersembunyi membuatnya tidak dapat diakses untuk pemeriksaan fisik seperti halnya kanker payudara atau kanker prostat.

Tes Skrining Darah

Tidak ada tes darah yang dapat diandalkan untuk kanker pankreas. Banyak orang tahu bahwa pankreas adalah tempat dimana insulin dibuat, tetapi sel-sel yang melakukannya biasanya tidak terlibat dalam kanker. Sebaliknya, kanker terjadi pada sel-sel pembuat enzim yang membantu anda mencerna lemak, protein, dan karbohidrat dalam makanan yang anda makan. Sebagian besar kanker pankreas menyerang bagian yang memproduksi enzim tersebut.

Diagnosis kanker Pankreas

Diagnosis kanker Pankreas

Kanker pankreas bisa ditandai oleh peningkatan “penanda tumor” pada darah (zat yang dihasilkan oles sel-sel kanker): CA 19-9 pada kelenjar eksokrin dan chromogranin A pada kanker kelenjar endokrin. Namun, metode skrining ini tidak dapat selalu diandalkan. Tanda-tanda tersebut bisa tetap stabil meskipun ada kanker. Sebaliknya, penyakit lain dapat menyebabkan peningkatan tinggi, seperti batu empedu atau pankreatitis. Akibatnya, dokter tidak hanya menggunakan tes darah untuk mendeteksi penyakit ini. Mereka melengkapi hasil tes darah dengan pemeriksaan medis lain.

Pencitraan Perut

Tumor pankreas mungkin ditemukan selama USG atau CT-scan.USG atau CT-scan dapat menvisualisasikan tumor pankreas dan kemungkinan konsekwensinya,seperti koompresi saluran empedu.Bertujuan juga mengeksplorasi kemungkinan keterlibatan organ atau pembuluh getah bening di dekat pankreas.Hasil penyelidikan ini menentukan tahapan tumor.Pengujian tambahan dapat dilakukan,seperti endoskopi pankreas.Dilakukan dengan anestesi umum,tes ini mengamati saluran empedu dan pancreas dengan menyuntikkan agen kontras(radiopak).

Biopsi

Setiap hipotesis kanker harus dikonfirmasikan dengan studi laboratorium sampel kecil (biopsy) jaringan pankreas yang diambil oleh dokter selama USG khusus,dilakukan di bawah anestesi umum dan disebut echo-endoskopi.Penelitian fungsi hormonal(Hipoglikemia,diabetes dan lain-lain) juga akan sangat berguna.

Untuk mendiagnosis kanker pankreas,dokter melakukan suatu pemeriksaan fisik ysng komplet dan menanyakan sejarah medis pasien pribadi dan keluarga.Sebagai tambahan pemeriksaan tanda-tanda kesehatan secara umum (temperature,nadi,tekanan darah,dan seterusnya) dokter biasanya memerintahkan tes-tes darah ,urine,dan feces.Dokter mungkin juga meminta suatu “rangkaian menelan barium” atau “rangkaian saluran pencernaan bagian atas (upper GI).Tes ini pasien meminum suatu larutan barium sebelum x-ray dari sistem pencernaan bagian atas diambil.Barium menunjukkan bagan pankreas pada x-ray.

Tes-tes lain mungkin diperintahkan,seperti: Suatu angiogram,Suatu X-ray khusus dari pembuluh-pembuluh darah.CT-scan,x-rays yang memberikan gambar-gambar mendetail dari potongan melintang pancreas.Gambar-gambar ini diciptakan oleh suatu computer.

Transabdominal ultrasound untuk melihat pankreas.Pada prosedur ini suatu alat yang mengirim gelombang-gelombang suara frekuensi tinggi,yang tidak dapat didengar,dilewatkan diatas perut.Gelombang-gelombang suara menggemakan balik pankreas.Gema-gema membentuk suatu gambar pada suatu layar yangterlihat seperti suatu televise.ERCP adalah suatu x-ray khusus dari saluran empedu yang panjang (endoscope) dimasukkan melalui kerongkongan pasien kedalam usus kecil melalui lambung.Suatu zat pewarna disuntikkan kedalam saluran empedu umum,dan x-raydiambil.Dokter dapat juga melihat melalui endoscope dam mengambil contoh-contoh jaringan.

Endoscopic ultrasound adalah suatu prosedur yang relative baru yang dapat digunakan untukmendiagnosis kanker pankreas.Prosedur ini,endoscope dimasukkan dengan cara yang sama seperti ERCP,bagaimanapun pada ujung dari endoscope adalah suatu ultrasound probe yang neng-scan pankreas untuk kanker-kanker.Karena ultrasound probe lebih dekat pada pancreas daripada dengan transabdominal ultrasound,adalah mungkin untuk mengidentifikasi kanker-kanker kecil dalam pankreas.Kanker-kanker juga dapat dibiopsi melalui endoscope.

Suatu biopsi adalah satu-satunya cara yang pasti untuk dokter untuk mengetahui apakah kanker hadir.Pada suatu biopsy dokter mengangkat beberapa jaringan dari pankreas.Dan diperiksa di bawah sebuah microskop oleh seorang patologi.

Satu cara mengangkat jaringan adalah dengan suatu jarum yang panjang yang dimasukkan melalui kulit ke dalam pankreas.Disebut juga biopsy jarum.Dokter menggunakan x-ray atau ultrasound untuk membimbing penempatan jarum.Type biopsy lain adalah suatu biopsy sikat.Dilakukan sewaktu ERCP.Dokter memasukkan sikat yang sangat kecil melalui endoscope ke dalam saluran empedu untuk menyeka sel-sel untuk diperiksa dibawah suatu mikroskop.

Laparotomy mungkin diperlukan.Laparotomy membantu dokter menentukan keadaan penyakit.Mengetahui keadaan penyakit membantu dokter merencanakan perawatan.Contoh-contoh jarinagan yang diperoleh dengan suatu macam biopsy mungkin tidak memberikan suatu diagnosis yang jelas,dan biopsy mungkin perlu diulang menggunakan suatu metode yang berbeda.

Komplikasi

Adenocarcinoma pada tubuh atau ujung pankreas (bagian tengah pada pancreas dan bagian terjauh dari duodenum) biasanya tidak menyebabkan gejala-gejala sampai tumor tersebut berkembang luas.Gejala pertama adalah rasa sakit dan kehilangan berat badan.Pada waktu diagnosis,90% orang mengalami rasa sakit pada perut,biasanya rasa sakit hebat di bagian perut atas yang tembus ke bagian belakang dan kehilangan berat badan yang signifikan.

Ujung pankreas bisa menghalangi pembuluh mengeringkan limpa (organ yang menghasilkan,memantau,menyimpan,dan menghancurkan sel darah) mengakibatkan pembesaran limpa (splenomegaly).Penyumbatan bisa menyebabkan pembuluh menjadi bengkak dan terpuntir (varicose) disekitar kerongkongan dan perut.Pendarahan hebat bisa terjadi,terutama berasal dari kerongkongan,jika varises vena pecah.

Pengobatan kanker pankreas

Karena adenocarcinoma pada pankreas biasanya menyebar ke bagian yang lain pada tubuh sebelum ditemukan,prognosisinya sangat rendah.Kurang dari 2% orang yang menderita adenocarcinoma pada pankreas bertahan hidup untuk 5 tahun setelah diagnosis.Harapan kesembuhan satu-satunya hanya operasi,yang dilakukan pada 10 sampai 20% orang yang percaya bahwa kanker tersebut tidak menyebar.Salah satu dari pancreas tunggal atau pankreas dan duodenum diangkat.Setelah beberapa operasi,hanya 15 sampai 20% orang hidup sampai 5 tahun.Kemoterapi tambahan dan terapi radiasi biasanya diberikan tetapi tidak mungkin memperbaiki waktu atu tingkat bertahan hidup secara mendasar.

Rasa sakit ringan kemungkinan dihilangkan dengan aspirin atau asetaminofen.Pembunuh rasa kuat yang sekali,seperti codeine atau morphine digunakan lewat mulut diperlukan.Untuk 70 sampai 80% orang dengan rasa sakit yang hebat,suntikan ke dalam saraf untuk menghambat rasa sakit bisa menghasilkan keringanan.Kebocoran pada enzim pencernaan pankreas bisa diobati dengan persiapan enzim oral.Jika diabetes terbentuk,pengobatan insulin kemungkinan diperlukan.

Penyumbatan pada aliran empedu kemungkinan hilang sementara dengan menempatkan pipa dibagian bawah perut pada saluran yang mengeringkan empedu dari hati dan kantung empedu.Pada kebanyakan kasus,tumor kadangkala menyumbat saluran disebelah atas dan bawah stent.Metode pengobatan alternative adalah menciptakan pembedahan pada saluran yang di potong melalui saluran yang menghubungkan perut dengan bagian usus kecil yang melebihi sumbatan.

Karena adenocarcinoma pada pankreas adalah fatal pada kebanyakan kasus,seorang dokter biasanya membicarakan perawatan sampai akhir hidup dengan orang tersebut,anggota keluarga dan praktisi pemerhati kesehatan lainnya.

Visit : www.Smartdetoxsynergy.com

Sumber : Agar pankreas sehat oleh Pangkalan ide

Baca artikel menarik lainnya : Fakta tentang tubuh manusia : Darah dan Jantung

 

 

Incoming search terms:

Tags: , , , ,

Category: Diagnosis kanker Pankreas

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *