Fakta tentang tubuh manusia : Darah dan Jantung

| November 18, 2012 | 0 Comments


 

Darah

–          Darah adalah cairan yang beredar diseluruh tubuh. Darah mengangkut oksigeb dan makanan ke sel-sel tubuh dan membawa karbon dioksida serta limbah lainnya menjauh dari sel. Darah juga melawan infeksi, menjaga kehangatan tubuh, serta mengedarkan zat-zat kimia yang dibutuhkan untuk proses metabolism tubuh.

–          Darah terdiri dari sel darah merah, sel darah putih, dan platelet, semua itu terkandung dalam cairan yang disebut plasma darah.

–          Komposisi plasma adalah 90% air, ditambah ratusan bahan lain seperti nutrient, hormone, dan protein khusus yang berfungsi untuk melawan infeksi.

–          Plasma darah akan segera berubah menjadi seperti susu setelah kita mengkonsumsi  makanan yang mengandung lemak tinggi.

Fakta tentang tubuh manusia : Darah dan Jantung

Fakta tentang tubuh manusia : Darah dan Jantung

–          Platelet adalah serpihan sel berukuran kecil yang dapat memicu pembekuan darah sehingga tidak terjadi pendarahan.

–          Pembekuan darah juga melibatkan jalinan seperti benang yang berbentuk dari protein yang disebut fibrin. Munculnya fibrin dipicu oleh serangkaian zat kimia yang disebut factor (factor no 1 hingga 8 )

–          Jumlah darah dalam tubuh tergan tung pada tubuh. Orang dewasa dengan berat 80 kg memiliki sekitar 5 liter darah. Anak kecil yang berat tubuhnya hanya setengah berat tubuh orang dewasa juga hanya memiliki setengah jumlah darah yang dimiliki orang dewasa.

Taukah kamu Jika kamu berdarah, oksigen akan menyebabkan darah berwarna merah terang. Tapi darah didalam vena warnanya bias hamper kecoklatan

 

Jantung

–          Ukuran jantung kurang lebih sama dengan kepalan tangan. Jantung terletak ditengah rongga dada , posisinya sedikit condong kekiri

–          Jantung dalah pompa yang sangat kuat dan hamper seluruh bagiannya terbuat dari otot

–          Jantung berkontraksi (menegang) dan berelaksasi secara otomatis sebanyak 70 kali permenit untuk memompa darah ke arteri.

–          Jantung memiliki 2 sisi yang dipisahkan oleh dinding otot yang disebut septum.

–          Sisi kanan jantung berukuran lebih kecil dan lebih lemah serta hanya memompa darah ke paru-paru.

–          Sisi kiri jantung yang lebih kuat memompa darah menuju ke seluruh tubuh

–          Setiap sisi jantung memiliki 2 ruangan. Ruangan bagian atas disebut serambi, disinilah darah dari vena terakumulasi (terkumpul). Ruangan dibagian bawah disebut bilik, yang berkontraksi untuk memompa darah keluar menuju arteri.

–          Keempat ruang jantungmemompa darah sekitar 70 ml setiap denyutan.

–          Ada 2 katup pada setiap sisi jantung untuk memastikan darah hanya mengalir satu arah. Katup yang berukuran besar ada diantara serambi dan bilik, katup yang lebih kecil berada di jalur kelua darah antara bilik dan arteri.

–          Arteri koroner menyulpai darah untuk jantung. Jika arteri ini tersumbat, otot jantung akan kekurangan darah dan berhenti bekerja. Hal inilah yang berlangsung ketika terjadi serangan jantung.

Taukah kamu sepanjang rata-rata hidup manusia, jantung memompa 200 juta liter darah , jumlah yang sepadan untuk menyebabkan banjir sedalam 15 meter di central park, New York.

Visit : www.smartdetoxsynergy.com

Sumber : 1000 fakta tetang tubuh manusia

Oleh : Jhon Farndon

 

Baca artikel menarik lainnya : “Lumpuh” Gara-gara Pantang Garam

 

 

Incoming search terms:

Tags: , , , ,

Category: Fakta tentang tubuh manusia

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *