Makanan dan Pencernaan

| December 28, 2012 | 0 Comments

 

Makanan adalah bahan bakar yang menyediakan energy untuk member tenaga bagi tubuh kita.Makanan yang sehat mengandung nutrisi,yaitu zat-zat yang kita butuhkan agar tetap sehat.Namun tubuh kita hanya dapat menggunakan nutrisi ini ketika makanan telah di cerna menjadi bagian-bagian sederhana.Proses ini terjadi dalam system pencernaan.

Proses dimulai di mulut,tempat makanan dikunyah menjadi potongan-potongan kecil yang bisa di telan.Lalu,makanan memulai perjalanan panjangnya melewati kerongkongan,esophagus,lalu ke lambung.Ketika sampai ke lambung,makanan di cerna lebih lanjut oleh enzim,zat yang terdapat dalam air liur.Hasilnya adalah semacam campuran zat kimia kental yang disebut bubur lambung (kim).Bubur lambung ini dilewatkan ke usus halus,tempat empedu,zat yang berasal dari kantong empedu,dan enzim-enzim lzin membzntu menyelesaikan proses pencernaan.

Kini bahan bakar  telah siap untuk digunakan oleh tubuh.Sel khusus di dinding usus halus menyerap semua zat berguna dalam makanan dan membawanya ke aliran darh.Beberapa nutrisi dihantarkan ke hati.Nutrisi lain yang tersisa akan di bawa ke usus besar,dan disana dari makanan yang tersisa lebih banyak nutrisi lagi yang diperas.Makanan yang tidak bisa digunakan oleh tubuh di buang dalam bentuk feses.

Perjalanan di mulai

Perjalanan makanan di mulai di mulut.Begitu kita menelan,bola makanan yang telah di kunyah atau bolus,berjalan melewati faring (kerongkongan) dan melewati pipa sepanjang 22 cm yang di sebut esofogus.Pipa ini menghubungkan kerongkongan dengan lambung.

Dinding esofogus yang berotot dilapisi oleh saraf.Ketika kita makan,saraf ini memungkinkan otot berkontraksi (menjadi lebih kecil)dalam sebuah gerakan seperti gelombang yang memaksa makanan turun ke esofogus.Lendir yang licin juga membantu semuanya tetap bergerak.Proses makanan sampai ke lambung membutuhkan waktu kira-kira delapan detik.

Lambung adalah tangki penyimpanan dalam tubuh.Disinilah makanan yang kta makan mulai dicerna menjadi zat-zat yang dapat digunakan oleh tubuh.Makanan tinggal di sisni,di aduk oleh otot-otot lambung,sampai selama empat jam.

Makanan dan Pencernaan

Makanan dan Pencernaan

Seluk beluk abdomen

Ditengah tubuh,tepat di bawah rusuk,terletak abdomen.Abdomen berisi organ pencernaan,lambung,usus halus,usus besar,hati,dan kantong empedu.Semua ini di selimuti oleh dinding otot yang kuat,yang bekerja layaknya kantong yang memuat semuanya dalam satu tempat.

Lebih dekat : Lambung

Lambung adalah sebuah kantong yang lentur dan berotot.Bagian ujung atas kantong ini melekat ke esophagus.Ujung bawahnya berhubungan dengan usus halus.Didalam lambung makanan di aduk dan di campur dengan asam lambung dan enzim-enzim yang mulai menguraikannya menjadi cairan kental.

Lambung normal, Normalnya lambung berbentuk huruf J,namun lambung meregang dan mengerut bergantung pada seberapa banyak kita makan dan seberapa sehat kita.

Lambung yang meregang, Lambung dapat menampung makanan sampai 4,4 liter!Lambung meregang setelah makan besar,dan akan tetap akan meregang apabila kita kebanyakan makan secara terus-menerus.

Lambung saat hamil, Ketika seorang perempuan hamil,lambungnya terdorong ke atas untuk member ruangan pada bayi yang sedang tumbuh.

“Pabrik kimia” kita

Hati adalah pabrik kimai dalam tubuh kita.Organ ini beratnya 1,4 kg dan mengubah zat-zat berbahaya menjadi tidak terlalu berbahaya.Hati menyimpan vitamin dan mineral dari makanan yang di cerna dan mengubahnya menjadi zat kimia yang dapat digunakan oleh tubuh.Hati juga membantu tubuh untuk mencerna makanan dengan membuat getah pencernaan yang di sebut empedu.

Kelebihan empedu yang dihasilkan oleh hati di simpan dalam kantong empedu.

System empedu

Empedu adalah cairan kehijauan yang dihasilkan di dalam hati.Cairan ini dialirkan dari hati ke usus halus.Di sini zat kimia yang terkandung dalam empedu membantu menguraikan lemak dari makanan kita agar dapat diproses oleh tubuh.

Saluran empedu

Kerja keras hati dan pancreas akan menjadi sia-sia tanpa ada jalan untuk mengalirkan getah pencernaan dan empedu ke usus halus.Saluran empedulah yang melakukannya.

Usus dua belas jari (duodenum)

Usus dua belas jari panjangnya sekitar 25,4 cm.Bentuknya seperti tabung berbentuk C yang menghubungkan lambung dengan usus halus.Bagian dalam usus dua belas jari ini cukup tebal dan dilapisi otot.Usus dua belas jari adalah bagian pertama dan terkecil dari usus halus.

Apa yang di kerjakan pankreas

Organ tersembunyi tepat di belakang lambung dan bertengger di ceruk usus dua belas jari adalah pankreas.Saat kita makan,kelenjar berbentuk lidah ini membuat grtah pencernaan.Cairan ini mengandung bahan kimia,yang di sebut enzim,untuk membantu mencerna makanan.Getah pencernaan juga mengandung sodium karbonat,salah satu bahan utama untuk mencerna makanan yang sulit di cerna.

Usus halus

Usus halus merupakan pusat energy tubuh.Disini,di usus yang bergulung-gulung sepanjang 6,4 meter ini,sebagian besar  makanan kita dicerna.Usus halus mempunyai ttiga bagian utama :Usus dua belas jari,jejunum (usus kosong) dan ileum (usus penyerapan).

Berputar dan berkelok

Saluran yang bergelung ketat di usus halus adalah jejunum dan ileum.Didalam saluran ini terdapat lipatan,atau plicae,yang memperlambat makanan sehingga dapat di serap lebih mudah.

Pasokan darah untuk kolon

Agar tetap sehat,semua bagian tubuh membutuhkan pasokan darah,yang menggandung oksigen dan nutrisi penting lainnya.Tak terkecuali kolon,ia memiliki jaringan arteri sendiri.

Usus besar

Meskipun namanya usus besar,ukurannya hanya seperempat dari usus halus!Tabung panjang yang lebar ini terbentang di sekitar abdomen dan berakhir di rectum,yaitu tempat sisa makanan di buang dari tubuh dalam bentuk feses.

Lendir

Lendir kental melapisi kolon dan menjaga semua terus bergerak.

Kolon

Kolon merupakan bagian terbesar dari usus besar.Tugas utama kolon adalah mengubah ampaqs makanan kita menjadi feses.Tapi sebelum itu,semua nutrisi penting di singkirkan.

Rektum

Rektum adalah tempat sisa makanan akhirny di buang dari tubuh kita.

Lebih deekat : onderdil

Tubuh kita bagaikan mesin sempurna.Setiap bagian di desain untuk melakukan tugas tertentu.Namun ada beberapa pengecualian,seperti apendiks!

Sekum (usus buntu)

Merupakan bagian pertama usus besar,tempat apendiks yang seperti cacing (umbai cacing) terjuntai keluar.

Apendiks

Tak seorangpun tahu dengan pasti apa yang dilakukan apendiks.Mungkin itu adalah salah satu bagian dari system pencernaan yang tidak kita butuhkan lagi.Apendiks yang terinfeksi menjadi bengkak dan berisi nanah.Untungnya,Apendiks yang terinfeksi dapat di buang tanpa menimbulkan masalah.

FAKTA – TIS

Beberapa ilmuwan menduga bahwa apendiks adalah organ pencernaan yang tersisa jutaan tahun yang lalu,ketika manusia purba memakan tumbuhan keras seperti kulit pohon.

Visit : www.smartdetoxsynergy.com

Sumber : Cara sehat oleh Dr.Handrawan Nadesul

Baca artikel menarik lainnya : Mengapa Tidak ada keluhan kok jantung koroner?

 

Incoming search terms:

Tags: , , , ,

Category: Makanan dan Pencernaan

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *