Manfaat Jambu Biji

| December 27, 2012 | 0 Comments

Jambu biji mampu menurunkan kadar gula darah dan mencegah diabetes

Terlalu banyak minum-minuman ringan bersoda di duga kuat pemicu obesitas,osteoporosis,dan 75% diantaranya memicu diabetes tingkat dua.Selain itu,pemanis sintetik soda juga di sinyalir mengakibatkan kerusakan gigi.

Tumbuhan jambu biji adalah tanaman tropis yang berasal dari Brazil.Jambu biji tersebar di luas Negara-negara tropis hingga ke Asia Selatan seperti India dan Srilanka,serta Asia Tenggara,termasuk Indonesia.

Jambu biji masuk ke Indonesia melalui Thailand.Buah jambu biji juga banyak mengandung vitamin C.Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.Pada umur 2 – 3 tahun jambu biji sudah mulai berbuah.Jumlah bijinya banyak yang menempel pada daging buahnya.

Manfaat Jambu Biji

Manfaat Jambu Biji

Buah jambu biji mengandung banyak vitamin dan serat sehingga cocok di konsumsi untuk menjaga kesehatan.Warna daging jambu biji yang merah menandakan buah itu kaya vitamin A dan bermanfaat untuk kesehatan mata dan antioksidan.Buah ini cocok di konsumsi pada siang hari karena buahnya yang segar dan mendinginkan badan.

Jambu biji juga di percaya mampu mengatasi berbagai penyakit.Selain mengandung vitamin C,juga mengandung tannin yang keluar dari kulit pohon jambu biji.Daun jambu biji mengandung minyak atsiri,asam ursolat,asam psidiolat,asam kratogolat,asam oleanolat,asam guajaverin,dan vitamin.

Jambu biji dapat menurunkan gula darah

Suatu penelitian menunjukkan bahwa buah segar dan jus buah dari jambu biji memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar  gula darah.Dalam sejarah pengobatan China,jambu biji sangat berguna untuk penyembuhan penyakit diabetes mellitus.Pemberian satu gram jus jambu per kg berat badan menunjukkan efek hipoglikemik (penurunan gula darah) pada tikus normal dan tikus diabetes.

Meskipun efek hipoglikemik yang di berikan lebih lemah bila di bandingkan dengan obat komersial,seperti chlorpropamide dan metformin,efek hipoglikemik yang di berikan oleh jus jambu biji cukup berarti.Jambu biji dapat di gunakan untuk mengobati dan atuau mencegah diabetes milletus (cheng dan yang,1983).

Senyawa yang berkontribusi terhadap efek hipoglikemik tersebut adalah serat pangan larut yang banyak di temukan dalam buah jambu biji.Suatu penelitian menunjukkan bahwa pemberian 0,517 g/hari jambu biji dapat menurunkan gula darah puasa pada tikus percobaan (yusof dan said,2004).

Salah satu resep ramuan minuman pengobatan diabetes yang cukup berkhasiat yaitu air rebusan jambu biji yang mengkal’Satu buah jambu biji yang masih mengkal dipotong-potong dan di cuci bersih,direbus dalam 3 gelas air sampai mendidih,tersisa satu gelas.Disaring,diminum dua kali dalam sehari yaitu sehabis makan siang dan setelah makan malam.

Pada 165 mg jambu biji terkandung vitamin C yang tinggi,sebesar tiga kali lipat dari yang ada di jeruk,sehingga mencukupi dua kali lipat kebutuhan vitamin C dalam sehari.Menempati urutan ketiga untuk kandungan serat,keempat untuk betakaroten,serta tinggi pula kaliumnya.

Asam askorbat,paling banyak di kulit,ke dua did aging buah yang keras,dan sedikit di buburnya,bervariasi dari 56-600 mg.Bisa berkisar sampai 350-450 pada buah yang hamper masak.Ketika buah jambu benar-benar masak dan lunak,kandungannya turun menjadi 50-100 mg.Pengalengan atau proses pemanasan menghancurkan sekitar 50% asam askorbat.Tepung atau bubuk jambu biji mengandung 2.500-3000 mg asam askorbat pernah di berikan pada pasukan perang Dunia II.Biji jambu batu mengandung 14% minyak aromatic,15% protein,dan 13% pati.Aroma buah jambu yang kuat berasal dari komponen carbonyl.

Jambu biji sebagai resep diabetes mellitus

Sediakan satu buah jambu biji setengah masak.Kemudian belah buah jambu biji menjadi empat bagian dan direbus dengan satu liter air sampai air mendidih.Kemudian disaring untuk diambil airnya.

Visit : www.smartdetoxsynergy.com

Sumber : Agar pankreas sehat oleh Pangkalan ide

Baca artikel menarik lainnya : organ organ Tubuh Manusia

 

Incoming search terms:

Tags: , , ,

Category: Manfaat Jambu Biji

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *