Mangga Melindungi dari Diabetes dan Kanker

| December 16, 2012 | 0 Comments

 

Faktor keturuan memehang peranan penting, dan bisa dilihat jika ada dua atau lebih kerabat yang menderita kanker pancreas maka resiko bertambah. Terutama keturunan yahudi Ashkenazi, dan mengalami mutasi genetic BRCA.

Selain itu usia di atas 50 tahun, perokok berat, diabetes, penyakit hati kronis, obesitas, dan kurang olahraga. Faktor penuaan memang tidak dapat di control, karena secara kronologis usia orang terus bertambah. Akan tetapi, usia tubuh dapat dikembalikan. Salah satunya adalah dengan melakukan terapi hormone yang komprehensif.

Mangiferin mangga menurunkan kadar glukosa darah

Ishihara et al (1998) melaporkan dalam biological & pharmaceutical bulletin, mangiferin berpotensi sebagai komponen antidiabetes pada tikus. Guha et al (1996) dalam chemotheraphy menyatakan adanya potensi antimikroba dan antioksidan daripolifenol mangiferin. Sedangkan berdasarkan penelitian oleh jung et al (2009) dari kyung hee university, korea, mangiferin juga memiliki efek anti tumor, imunomodulator, dan anti HIV secara in vivo.

Mangga Melindungi dari Diabetes dan Kanker

Mangga Melindungi dari Diabetes dan Kanker

Mangiferin dapat menurunkan kadar glukosa darah dan lemak pada tikus diabetes lewat oral atau injeksi intraperitoneal. Mekanisme dari efek hipoglikemik yang potensial ini mungkin disebabkan oleh meningkatnya sensivitas insulin menurut Miura et al (2001) dalam Phytomedicine

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak bukti menunjukkan bahwa hiperglikemia, stress oksidatif dan komplikasi diabetes kronis saling berkaitan. Penelitian Muruganandan et al (2002) menunjukkan kalau tikus diabetes (yang diinduksi oleh streptozotocin), mangiferin lewat suntikan intraperitoneal dapat mengontrol peroksidasi lipid dan dapat mengurangi glycosylated hemoglobin dan serum creatine phosphate kinase (CPK) pada tikus diabetes dan komplikasinya akibat kerusakan oksidatif kronis. Selain itu, mangiferin juga melindungi hewan dari kerusakan jantung dan ginjal. Untungnya lagi, menurut yu et al (1999), mangiferin aman bagi tubuh.

Mangga Mencegah Infeksi dan Tumor

Sebagai pencegah kanker, kemampuan antioksidatif dari buah mangga dihasilkan oleh berbagai senyawa yang terdapat didalamnya, yaitu betakaroten, senyawa fenolik, lupeol, vitamin C, E, Serta beberapa mineral seperti Cu, Zn, Mn, dan Se. Senyawa-senyawa tersebut dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti kanker. Radikal bebas  adalah molekul tidak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, Radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan pengaruh lingkungan lainnya. Radikal ini apabila tidak dinetralkan oleh senyawa antioksidan, dapat menyerang partikel dan molekul lain dalam tubuh, menyebabkan perubahan mendasar pada materi genetis dan bagian-bagian penting sel lainnya.

Menurut penelitian Guha et al (1996) yang di muat di jurnal chemotherapy, mangiferin memiliki kemampuan membunuh sel tumor secara in vitro dan bersifat antagonis terhadap efek cytopathuic dari HIV (berkhasiat anti HIV). Mangiferin sangat berpotensi dijadikan aoat antitumor dan antiviral.

Diet tinggi makanan kaya beta karoten dapat membantu memperkuat system imun, terutama pada orang yang berusia lanjut. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis sel imun menjadi lebih aktif ketika suplemen betakaroten diasup.

Mangga kaya akan pigmen antioksidan ini dapat meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami (natural killer) dalam tubuh terhadap virus dan tumor. Bila dimakan secara teratur, mangga dapat membantu mengurangi resiko baik dari infeksi virus dan pertumbuhan tumor.

Tips memilih mangga yang baik

  • Bila ingin membali mangga bisa memilih mangga yang baik dengan warna hijau kekuning-kuningan, kulit licin, dan aroma yang manis.
  • Hindari memilin buah yang terlalu keras atau terlampau lembek, memar, atau berbau fermentasi.
  • Cari mangga dengan kulit yang halus dengan warna hijau tua, kuning, dan merah. Kulitnya akan sedikit lunak saat ditekan.
  • Mangga hijau yang muda bisa diperam dan akan masak dalam suhu kamar dalam beberapa hari. Buah mangga matang tetap segar selama 2 minggu dalam lemari dingin.

 

Visit : www.smartdetoxsynergy.com

Sumber : Agar pankreas sehat oleh Pangkalan ide

Baca artikel menarik lainnya : Mekanisme Pernafasan

 

Tags: , , , ,

Category: Mangga Melindungi dari Diabetes dan Kanker

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *