Paru-Paru dan Rusuk

| December 28, 2012 | 0 Comments

 

Kita tidak dapat melihat atu merasakan oksigen,namun zat itu sangat vital bagi kehidupan kita.Oksigen menyusun sekitar 20% udara di sekitar kita dan hamper semua hewan di bumi membutuhkannya untuk hidup.

Kita menghirup oksigen (dan gas-gas lain) ke dalam tubuh saat kita bernafas.Itu adalah sebuah proses yang sangat alamiah yang kita lakukan tanpa memikirkannya.Namun,bernafas hanyalah langkah awal suatu proses yang sangat kompleks.

Bernafas di mulai dengan inhalasi.Inhalasi dimulai ketika diafragma (lembaran otot di paru-paru) dan otot di dalam dada berkontraksi (mengerut) dan menarik udara dari luar untuk mengisi paru-paru.Paru-paru mengembang saat kita menarik nafas.

Paru-paru adalah organ utama yang terlibat dalam pernapasan.Paru-paru adalah kantong elastic di samping jantung.Organ ini dilindungi oleh rusuk.Ketika berhembus masuk dari luar,udara melewati hidung,turun ke tenggorokan (faring) dan batang tenggorok (traker),dank e pembuluh yang lebih kecil dan lebih kecil lagi sampai akhirnya mencapai alveoli.Alveoli adalah kantong-kantong kecil yang berongga di dalam paru-paru.Disinilah oksigen memasuki aliran darah,yang member makan sel-sel tubuh kita.Proses menarik napas,mengeluarkannya,merupakan proses lengkap yang membantu tubuh membuang bagian yang tidak berguna ke udara,seperti karbon dioksida.

Saluran udara luar biasa

Saat kita menarik napas apa yang kita rasakan?Kita bisa merasakan udara masuk ke hidung dan turun ke paru-paru melalui serangkaian pembuluh berotot yang di sebut saluran respirasi.Pembuluh ini tidak hanya melewatkan udara ke paru-paru tetapi juga menghangatkannya dan menyaring partikel-partikel berbahaya dalam perjalanannya.

Paru-Paru dan Rusuk

Paru-Paru dan Rusuk

TRAKEA,Ini disebut juga batang tengkorak.pipa lentur ini panjangnya hamper 12,7 cm.

TULANG RAWAN TRAKEA

Lingkaran tulang rawan yang keras dan saling terhubung (menempel) melapisi trakea.Tulang rawan ini membuat batang tengkorak tetap terbuka ketika kita menekuk leher.

BRONKUS UTAMA KIRI, Bronki ini menghubungkan batang tengkorak dengan paru-paru.

KARINA, Di sinilah batang tengkorak terbagi menjadi dua pembuluh yang disebut bronkus utama kiri dan kanan.Ini melewatkan udara ke paru-paru.

Saluran udara yang melewatkan oksigen ke paru-paru menyerupai pohon-pohon kecil,bercabang-cabang menjadi pempuluh-pembuluh yang semakin kecil.

SERAT-SERAT ELASTIS, Dinding kantong alveolar dapat meregang untuk diisi udara.

PENAMPANG SALURAN ALVEOLAR, Disetiap ujung bronchiol terdapat saluran alveolar kecil.

BRONKIOL, Bronkus utama besar terbagi menjadi lobar bronkis dan kemudian menjadi pembuluh yang bahkan lebih kecil lagi yang disebut bronkiol.

KANTONG ALVEOLAR

Alveoli adalah kantong berongga yang berbentuk seperti gerombolan angguar di sekeliling saluran alveolar.Pembuluh-pembuluh darah halus mengelilingi dinding kantong alveolar.Kantong-kantong ini sangat tipis sehingga oksigen dapat menembusnya dan masuk ke aliran darah.

BAGIAN DARI PARU-PARU

Paru-paru terbagi menjadi bagian-bagian yang disebut lobus.Lobus-lobus ini kemudian terbagi menjadi bagian yang lebih kecil dan berbentuk piramida.Bagian-bagian ini ditunjukkan dengan bidang berwarna.

-paru-paru kanan : Lobus atas,lobus tengah,lobus bawah.

-paru-paru kiri : Lobus atas,lobus bawah

Melihat paru-paru kita

Kantong lunak dan elastic ini terletak disetiap sisi jantung dan merupakan organ utama yang terlibat dalam pernapasan.Ketika kita menarik napas,paru-paru mengembang (membesar),dan saat kita mengeluarkan napas paru-paru berkontraksi (mengecil).Didalam paru-paru kita dibagi oleh celah-celah dalam menjadi bidang lebih kecil yang disebut lobus.Setiap lobus bekerja sendiri-sendiri,masing-masing menerima pasokan darah dan oksigen sendiri.Paru-paru kiri lebih kecil daripada paru-paru kanan,sehingga yang kiri hanya memiliki dua lobus.

Apa tugas diafragma?

Paru-paru kita bekerja sangat keras.Normalnya kita bernapas 15 sampai 17 kali permenit,menarik dan menghembuskan sekitar setengah liter udara setiap kali bernapas.Diafragma,bersama dengan gerakan sangkar rusuk,membantu kita bernapas.

Inhalasi (menarik napas)

Otot diafragma terletak di bawah paru-paru.Otak secara otomatis memerintahkan diafragma untuk berkontraksi (mengerut).Ketika berkontraksi,diafragma tertarik ke bawah,menyediakan tempat lebih luas di dada.Paru-paru kemudian mengisap udara dan mengembang.

Ekshalasi

(Menghembuskan napas) Ketika berelaksasi,diafragma naik.Ini secara efektif memaksa udara keluar dari paru-paru.

Otot seratus posterior superior, Otot-otot ini mengangkat rusuk bagian atas saat kita menarik napas.Otot-otot ini menahan rusuk di tempatnya selama bernapas.

Otot-otot sangkar rusuk, Kerangka pelindung yang disebut sangkar rusuk melindungi paru-paru dan jantung kita.Didalam sangkar tulang ini terdapat lapisan-lapisan otot yang kuat.Ada banyak jenis otot yang berbeda di sangkar rusuk,masing-masing dengan tugas yang berbeda.Beberapa membantu menggerakkan rusuk,dan yang lain menahan rusuk agar tidak bergerak saat kita bernapas.

Otot intercostals eksternal, Sebelas pasang otot eksternal terletak di ruangan antar rusuk (yang disebut ruang intercostal).Otot-otot ini menerik rusuk saat inhalasi.

Otot intercostals internal, Bersama-sam otot eksternal,otot-otot eksternal membantu menggerakkan rusuk saat kita bernapas.

Rusuk atas, Ada saatnya kita harus menghirup udara lebih banyak,misalnya saat kita berolahraga.Pada saat seperti ini,sekelompok otot yang disebut otot pelengkap digunakan untuk mengangkat rusuk bagian atas.Gerakan ini meningkatkan ukuran rongga dada,memungkinkan paru-paru dapat menarik udara lebih banyak.

Rusuk bawah, Saat kita menarik napas,sekelompok otot menarik rusuk bawah ke atas dan keluar.

Sternum, Bagian bawah sternum (tulang dada) bergerak ke depan seperti gagang pompa ketika kita menarik napas.

Gerakan sangkar rusuk

Dada kita menjadi lebih besar saat menarik napas,lalu mengempis saat kita menghembuskannya.Tarik napas dalam-dalam dan rasakan dadamu bergerak!Ini bisa terjadi karena gerakan diafragma dan sangkar rusuk.

Visit : www.smartdetoxsynergy.com

Sumber : Cara sehat oleh Dr.Handrawan Nadesul

Baca artikel menarik lainnya : Manfaat jambu biji

Incoming search terms:

Tags: , , , ,

Category: Paru-Paru dan Rusuk

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *