Pertolongan Pertama Jika Sodara kita terkena Serangan Jantung

| April 7, 2013 | 0 Comments

Inilah Gejala-gejala serangan jantung . Sumber Warta Kota Minggu 7 April 2013 Hal 4.

Kematian mendadak selain dari kecelakaan juga identik dengan serangan jantung. Beberapa waktu lalu 2 orang yang sedang dalam puncak karir Presenter Ricky Jo dan anggota DPR Adjie Massaid menghembuskan nafas terakhir karena terkena serangan jantung .

Serangan jantung tidak datang tiba-tiba.. Tapi kita bisa kenali gejala-gejalanya .Penyakit jantung ini sama dengan penyakit lainnnya tidak muncul secara tiba-tiba . Tapi melalui proses panjang yang terabaikan . 

Penyakit Arteri koroner atau (CAD = Coronary Artery Disease ) adalah jenis penyakit jantung yang paling sering ditemukan . 

CAD adalah kondisi dimana arteri yang terhambat memasok darah ke jantung karena terjadi penyumbatan  di pembuluh darah yang  disebabkan oleh Plak . Plak ini adalah akumulasi lemak dan kolesterol  yang mengendap di pembuluh darah .

Pasien dengan CAD dapat mengalami gejala seperti :

–  sakit pada dada sebelah kiri

– sesak nafas atau nafas pendek

– muntah , mual

– mulas

– Keringat dingin

Hal ini disebabkan oleh kebutuhan darah untuk jantung lebih besar dari kemampuan jantung memasok darah . JAntung hanya mendapatkan sedikit pasokan darah . Karena tersumbat . Yang lebih parahnya jika sumbatannya sudah menutupi seluruh pembuluh darah maka jantung berhenti bernafas karena tidak mendapatkan pasokan darah , dan inilah yang menyebabkan meninggalnya seseorang karena pembuluh darah.

plak pembuluh darahplak pembuluh darah

Apa yang menyebabkan Penumpukan Plak dalam pembuluh darah ?

Menurut Direktur utama Rumah sakit jantung harapan kita, Dr Hananto Andriantoro SpJP(K) , terjadinya penumpukan plak karena faktor usia dan gaya hidup .  yaitu jarang olahraga dan yang paling menakutkan adalah pola makan yang sembarangan .

DR. Hananto mengingatkan bagi orang yang berusia diatas 40 tahun , memiliki tekanan darah tinggi, memiliki kolesterol tinggi, gula darah tinggi dan merokok . Wajib mewasspadai pola makan dan gaya hidup . Artinya benar-benar harus hati- hati dalam pemilihan makanan. Hindari makanan yang berkolesterol tinggi seperti santan-santanan dll .

Begitu juga dengan wanita yang telah mengalami menopause . Sebelum menstruasi wanita masih memiliki hirmon estrogen yang membuat terhindar dari serangan jantung, tapi setelah menopause hormon estrogennya berkurang.

video animasi bagaimana ternajdinya serangan jantung akibat penumpukan plak

Video asli didalam tubuh kita jika terjadi plak di pembuluh darah kita

SKRINGIN Apakah kita terdeteksi penyakit jantung atau tidak ?

ada berbagai czra untuk mengetahui apakah kita terdeteksi penyakit janutng atau tidak . yaitu dengan memperhatikan hal2 dibawah ini :

1. Apakah ketika berjalan kaki atau naik turun tangga nafas sesak ?

2. Apakah jika sedang diam duduk di kursi tiba-tiba denyut jantung kita berdetak cepat tanpa sebab ?

Gejala diatas memungkinkan kita untuk mewaspadai apakah kita benar benar mengidap jantung atau tidak untuk itu kita bisa melakukan cek kesehatan di RS yaitu :

1. CEk deteksi sakit jantung ECG = Electro Cardiogramm

2. Treadmill yang dipasang ECG

3. melakukan echocardiogram ( USG Gerakan jantung )

4. Melakukan coronary angiogram ( melihat pembuluh darah apakah sudah ada penyumbatan atau belum )

Jika diketahui setelah dicek 4 hal diatas, dan hasilnya jelek kita perlu mengubah pola makan secara drastis mulai benar benar hidup sehat dengan makanan yang sehat.  untuk mengurangi gumpalan darah, gumpalan plak, menurunkan kolesterol, menurunkan gula darah .

Pelebaran PEmbuluh Darah .

Jika pembuluh darah pasien ternyata sudah tersumbat oleh plak maka dokter akan melakukan operaasi pelebaran pembuluh darah .

Salah satunya adalah dengan melakukan Bypass.. yaitu memotong pembuluh darah yang tersumbat dan langsung disambungkan ke jantung . sering disebut sebagai membuat jalan tol atau jalan layang untuk darah langsung menuju ke jantung. karena jalan yg dilalui darah sebelumnya penuh dengan plak plak yang mengganjal dan sulit untuk dilewati .

Bypass adalah salah satu cara jika penyumbatan pembuluh dara dalam pasien sudah terlalu banyak , sudah lebih dari 6 – 8 stent.

MEnurut Dr. Doni Firman staff divisi non bedah intervensi. Departemen Kardiologi dan KEdokteran /vaskuler, Fakultas Kedokteran UI dan RS HArapan Kita menjelaskan pada era 1977 untuk memperlebar pembuluh darah dilakukan “ Ballon Angioplasty ” 

atau bahasa awamnya sering disebut dengan di ballon. Yaitu meniup ballon yang dapat dipompa dimasukan ke dalam pembuluh darah untuk mendorong plak yang ada dalam pembuluh darah sehingga dapat mengembalikan aliran pembuluh darah .

Seiring dengan perkembangan medis tahun 1988 mulai dilakukan stent dari metal (bare metal stent ) .

Karena setelah dibalon ternyata pembuluh darah mengecil lagi dan darah jadi tersumbat lagi, karena itu harus di pasangi stent untuk tetap menjaga pembuluh darah tetap lebar. Stent itu mendorong plak plak lemak ke dinding pembuluh darah. sehingga pembulluh darah lebar lagi dan bisa dilalui darah . Hanya jika pasien tidak menjaga pola makan stent ini bisa diserang plak lagi.

Karena itu muncul lagi teknologi BVS = Bioresorbale Vascular Scaffold. 

Apa itu BVS ?

Jika sebelumnya stent terbuat dari metal, maka sekang menggunakan BVS , BVS adalah alat yang dapat diserap sepenuhnya oleh tubuh. Alat ini terbuat dari polylactide, bahan alami yang dapat larut.

Bahkan itu biasa digunakan dalam implant medis seperti jahitan .

” Menurut Doni, dengan BVS plak lama hilang sendirinya dan pembuluh darah menjadi normal kembali.

Sampai saat ini masih dalam penelitian mengapa plak-plak tersebut bisa hilang sendiri . Karena teknologi ini terilang baru bahkan JEpang dan Korea saja belum mengadopsi teknologi ini. Indonesia termasuk yang pertama kemudian singapura.

ERTOLONGAN PERTAMA :

menurut dr Hananto setiap hari di Rs harapan kita terdapat 800 pasien dan 40 diantaranya ada di UGD. Sekitar 6- 10 orang ke UGD karena serangan jantung.

Penanganan pasien serangan jantung bak kejar-kejaran dengan malaikat pencabut nyawa.RS pun harus menyediakan layanan cpat dan fasilitas lengkap . . ” Kecepatan membuka pembuluh darah harus diukur dengan waktu . dalam kurang dari 90 menit pembuluh darah harus terbuka dan darah harus mengalir kembali .

Sementara itu untuk melakukan pertolongan pertamaDr Iwan Dakota SpJP menambahkan pada menit menit awal terjadi serangan jantung, biasanya akan terjadi irama jantung yang tidak stabil atau denyut jantung melemah.

Denyut jantung normal sekitar 60 – 100 permenit. Tapi ketika terjadi serangan jantung bisa melemah menjadi 20 -30 menit .Jika tidak segera diberi tindakan denyut jantung bisa berhenti .

KArena itu salah satu pertolongan sederhana memastikan bahwa orng tersebut harus ” BATUK !! ”

Batuk dapat meningkatkan denyut jantung yang lemah pada saat serangan jantung. Pakaian harus dilonggarkan dan harus istirahat. Dan yang penting wajib ke RS segera .

** sumber Warta Kota Minggu 7 APril 2013 hal 4.

 

Telah ditemukan Produk fenomena yang telah mendpatkan nobel yang disebut dengan PROAGI9  . Diciptakan Oleh Dr PRendergast. Produk revolusioner ini bisa menghancurkan plak dalam pembuluh darah . Klik disini untuk lebih mengetahui apa itu PRO ARGI 9 — >> klik www.obatjantungherbal.com

 

Category: Uncategorized

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *