Sistem Pencernaan

| December 21, 2012 | 0 Comments

 

Mulut dan lidah

Mulut merupakan organ pencernaan yang pertama bertugas dalam proses pencernaan makanan.Fungsi utama mulut adalah untuk menghancurkan makanan sehingga ukurannya cukup kecil untuk dapat di telan ke dalam perut.Mulut dapat menghancurkan makanan karena di dalam mulut terdapat gigi dan lidah.Gigi berfungsi menghancurkan makanan.Adapun fungsi lidah adalah membolak-balikkan makanan sehingga semua makanan dihancurkan secara merata aja.Selain itu,lidah berfungsi membantu menelan makanan.Gigi dan lidah termasuk alat pemroses pencernaan secara mekanis.

Selain mencerna makanan secara mekanis,di mulut juga terjadi pencernaan secara kimiawi.Pencernaan secara kimiawi dimungkinkan karena kelenjar air liur menghasilkan ludah yang mengandung air,lendir,dan enzim ptyalin.Air dan lendir berguna untuk melumasirongga mulut dan membantu proses menelan.Adapun enzim ptyalin mengubah amilum  menjadi karbohidrat yang lebih sederhana,yaitu maltosa.Cobalah kunyah nasi putih dalam waktu yang cukup lama.Bagaimanakah rasa nasi tadi?Setelah dikunyah di mulut beberapa lama,nasi terasa agak manis,bukan?Hal tersebut dapat terjadi karena sebagian amilum pada nasi terurai menjadi maltose yang rasanya agak manis.Oleh karena itu nasi agak sedikit manis setelah dikunyah agak lama.Dalam mulut selain ada gigi juga terdapat lidah.Lidah merupakan indera pengecap yang kita miliki.Karena lidahlah kamu dapat merasakan nikmatnya makanan.Walaupun rasa sesungguhnya hanya dirasakan selama makanan ada di mulut,namun rasa akan meningkatkan selera makan.

sistem pencernaan

sistem pencernaan

GIGI

Tanpa adanya gigi,manusia akan sulit memakan makanan yang dimakan.Menurut tugasnya gigi termasuk dalam system pencernaan.Gigi tumbuh di dalam lesung pada rahang dan memiliki jaringan seperti pada tulang,tetapi gigi bukanlah bagian dari kerangka.Menurut perkembangannya,gigi lebih banyak persamaannyadengan kulit daripada dengan tulang.

Jenis gigi

1.Gigi seri,berbentuk pipih dan tajam untuk mengiris makanan.

2.Gigi geraham depan,bentuknya berlekuk-lekuk untuk mengiris dan melembutkan makanan.

3.Gigi taring,ujungnya yang runcing untuk mencabik dan menyobek makanan.

4.Gigi geraham belakang,paling kuat,bentuknya berlekuk-lekuk untuk melembutkan makanan.

Manusia memiliki empat jenis gigiuntuk berbagi tugas mengunyah makanan,yaitu:

Anatomi gigi

-          Mahkota,menonjol dari rahang

-          Akar,tertanam dalam rahang

-          Email,melapisi mahkota,merupakan zat terkeras di dalam tubuh

-          Dentin,lekukan utama pada ujung gigi,menyerupai tulang

-          Sementum,lapisan yang keras di sekeliling akar

-          Pulp,jaringan lembut berisi saraf dan pembuluh darah

Gigi sementara

Jenis ini juga disebut gigi susu.Susunannya yang lengkap terdiri dari 20 buah gigi :

-          Delapan gigi seri

-          Empat gigi taring

-          Delapan geraham belakang

Gigi-gigi ini muncul pada usia 6 sampai 30 bulan.Biasanya pada usia 7 sampai 12 tahun gigi-gigi tersebut tanggal (copot) dan digantikan dengan susunan yang tetap.

Gigi tetap

Susunsn gigi tetap pada orang dewasa berjumlah 32 buah :

-          Delapan gigi seri

-          Empat gigi taring

-          Delapan geraham depan

-          Dua belas geraham belakang

Gigi yang pertama muncul adalah gigi molar pertama pada usia 6-7 tahun.Yang terakhir tumbuh ialah gigi molar ketiga,pada usia 17-25 tahun.

Jika kita tidak merawat dan jarang menggosok gigi,gigi kita akan menjadi rusak karena sisa-sisa makanan yang menempel dalam gigi bisa membuat gigi berkarang bahkan bolong.Menurut penelitian,anak pada usia 12,paling tidak mengalami kerusakan satu buah gigi akibat jarang menggosok gigi dan terlalu banyak memakan permen,sehingga harus ditambal atau di cabut.

Kerongkongan

Setelah di kunyah di mulut,makanan di telan agar masuk ke lambung melalui saluran yang di sebut kerongkongan.Kerongkongan atau esophagus berfungsi menyalurkan makanan dari mulut ke lambung.Didalam lehermu sesungguhnya terdapat dua saluran,yaitu kerongkongan (letaknya di belakang) dan tenggorokan atau trakea (letaknya di depan).Kerongkongan merupakan saluran pencernaan yang menghubungkan antara mulut dan lambung.

Tenggorokan merupakan saluran pernafasan yang menghubungkan antara rongga mulut dengan paru-paru.Oleh karena itu,dibagian dalam mulut terdapat persimpangan dua saluran yang dijaga oleh sebuah klep yang di sebut epiglotis.

Pada waktu bernafas,klep tersebut membuka sehingga udara dapat masuk ke tenggorokan.Sewaktu menelan makanan,klep tersebut akan menutup tenggorokan sehingga makanan tidak masuk ke tenggorokan.Jadi klep tersebut berfungsi menjaga kerja antara kerongkongan dan tenggorokan agar proses pencernaan dan pernafasan dapat berjalan dengan lancer.

Pada saat melewati kerongkongan,makanan didorong masuk ke lambung oleh adanya gerak peristaltic otot-otot kerongkongan.Hal ini dikarenakan dinding kerongkongan tersusun atas otot polos yang melingkar dan memanjang serta berkontraksi secara bergantian.Akibatnya makanan berangsur-angsur terdorong masuk ke lambung.Dikerongkongan makanan hanya lewat saja dan tidak mengalami pencernaan.

Lambung

Lambung merupakan alat pencernaan yang berbentuk kantung.Dinding lambung tersusun tersusun dari otot-otot yang memanjang,melingkar,dan menyerong.Hal ini memungkinkan makanan yang masuk ke dalam lambung di bolak-balik dan di remas lagi sehingga menjadi lebih halus.Makanan yang dikunyah di mulut belumlah cukup halus.Oleh karena itu perlu dihaluskan lagi di lambung.

Agar lambung tidak bekerja terlalu berat,sebaiknya kamu mengunyah makananmu sampai halus bener sebelum menelannya.Selain mencerna makanan secara mekanis,lambung juga  mencerna makanan secara kimiawi.Lambung menghasilkan suatu cairan yang mengandung air,lendir,asam lambung (HCI),serta enzim rennin dan pepsinogen.

Karena sifatnya yang asam,cairan lambung dapat membunuh kuman yang masuk bersama makanan.Sementara itu,enzim rennin akan menggumpalkan protein susu yang ada dalam air susu sehingga dapat dicerna lebih lanjut.Pepsinogen akan diaktifkan oleh HCI menjadi pepsin yang berfungsi memecah protein menjadi pepton.

Usus halus

Lambung melepaskan makanan ke dalam usus dua belas jari (duodenum),yang merupakan bagian pertama dari usus halus.Makanan masuk ke dalam duodenum melalui sfingter pylorus dalam jumlah yang bisa dicerna oleh usus halus.Jika penuh,duodenum akan mengirimkan sinyal kepada lambung untuk berhenti mengalirkan makanan.

Duodenum menerima enzim pankreatik dari pancreas dan empedu dari hati.Cairan tersebut (yang masuk ke dalam duodenum melalui lubang yang di sebut sfingter Oddi) merupakan bagian yang penting dari proses pencernaan dan penyerapan.Gerakan peristaltic juga membantu pencernaan  dan penyerapan dengan cara mengaduk dan mencampurnya dengan zat yang dihasilkan oleh usus.

Beberapa senti pertama dari lapisan duodenum adalah licin,tetapi sisanya memiliki lipatan-lipatan,tonjolan-tonjolan kecil (vili) dan tonjolan yang lebih kecil (mikrovili).Vili dan mikrovili menyebabkan bertambahnya permuka dari lapisan duodenum,sehingga menambah jumlah zat gizi yang diserap.

Sisa dari usus halus,yang terletak di bawah duodenum,terdiri dari jejunum dan ileum.Bagian ini terutama bertanggung jawab atas penyerapan lemak dan zat gizi lainnya.Penyerapan ini diperbesar oleh permukaannya yang luas karena terdiri dari lipatan-lipatan,vili dan mikrovili.

Dinding usus kaya akan pembuluh darah yang mengangkut zat-zat yang diserap ke hati melalui vena porta.Dinding usus melepaskan lendir (yang melumasi isi usus)dan air (yang membantu melarutkan pecahan-pecahan makanan yang di cerna).Dinding usus juga melepaskan sejumlah kecil enzim yang mencerna protein,gula dan lemak.

Kepadatan dari isi usus berubah secara bertahap,seiring dengan perjalanannya melalui usus halus.Di dalam duodenum,air dengan cepat di pompa kedalam isi usus untuk melarutkan keasaman lambung.Ketika melewati usus halus bagian bawah,isi usus menjadi lebih cair karena mengandung air,lendir dan enzim-enzim pankreatik.

Pankreas

Pankreas merupakan suatu organ yang terdiri dari 2 jaringan dasar :

-          Asini,menghasilkan enzim-enzim pencernaan

-          Pulau pancreas,menghasilkan hormone

Pankreas melepaskan enzim pencernaan ke dalam duodenum dan melepaskan hormone ke dalam darah.Enzim-enzim pencernaan dihasilkan oleh sel-sel asini dan mengalir melalui berbagai saluran kedalam duktus pankreatikus.Duktus pankreatikus akan bergabung dengan saluran empedu pada sfingter Oddi,di mana ke duanya akan masuk ke dalam duodenum.

Enzim yang dilepaskan pankreas akan mencerna protein,karbohidrat,dan lemak.Enzim proteolitik memecah protein ke dalam bentuk yang dapat digunakan oleh tubuh dan dilepaskan dalam bentuk inaktif.Enzim ini hanya akan aktif jika telah mencapai saluran pencernaan.Pankreas juga melepaskan sejumlah besar sodium bikarbonat,yang berfungsi melindungi duodenum dengan cara menetralkan asam lambung.

Tiga hormon yang di hasilkan oleh pankreas adalah :

-          Insulin,yang berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah

-          Glukagon,yang berfungsi menaikkan kadar gula dalam darah

-          Somatostatin,yang berfungsi menghalangi pelepasan kedua hormone lainnya (insulin dan glukagon)

 

 

Visit : www.smartdetoxsynergy.com

Sumber : Anatomi tubuh manusia

Oleh : dr.Setiadi Budiyono

Baca artikel menarik lainnya : Mangga Melindungi dari Diabetes dan Kanker

 

Incoming search terms:

Tags: , , , ,

Category: sistem pencernaan

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *