Tubuh Manusia

| December 27, 2012 | 0 Comments

 

Dari luar,kita semua tampak berbeda.Dari ukuran kaki sampai warna kulit,kita mempunyai karakteristik sendiri.Sebenarnya,kecuali kembar,tak seorangpun di planet ini persis sama!Bahkan pola ujung jari kita (sidik jari) unik – itulah sebabnya polisi menggunakannya untuk mengenali seseorang.

Namun perbedaan itu hanya sebatas kulit,di balik kulit,struktur yang menyusun tubuh kita – tulang,otot,saraf,pembuluh darah,dan organ-organ semuanya mengikuti rancangan dasar yang sama.Hanya ada beberapa perbedaan penting antar jenis kelamin.

Mudah untuk mengatakan laki-laki dan perempuan hanya dengan melihat luarnya.Namun di bagian dalam,kita ini benar-benar sama.Kita mempunyai jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh,sepasang paru-paru untuk bernafas,dan kerangka yang kokoh.

Kerangka super kita

Kerangka tersusun dari 200 tulang yang menopang tubuh dan melindungi organ dalam kita.Kerangka terbagi menjadi dua bagian.Bagian tengah dan atas adalah kerangka aksial.Ini meliputi tengkorak,tulang belakang,rusuk,dan sternum.Percaya atu tidak tulang kita itu “hidup”.Sesungguhnya mereka membangun diri rata-rata lima persen setiap minggu.

Tulang dada, Tulang dada disebut juga sternum.Rusuk melekat pada tulang dada oleh bahan elastic yang disebut tulang rawan.

Tengkorak, Terdapat 22 tulang di tengkorak.Delapan diantaranya disebut tulang cranial,yang membentuk “helm” pelindung di sekeliling otak.

Rusuk Dua belas tulang, rusuk di kedua sisi dada membantu melindungi jantung dan paru-paru.Dua tulang rusuk terbawah hanya menempel ke tulang belakang.

Tulang belakang, Dikenal dengan tulang punggung.adalah tiang melengkung yang tersusun dari 33 tulang.Tulang-tulang ini disebut vertebra.Vertebra pertama disebut atlas.Atlas adalah tokoh legenda yunani yang menopang langit dengan bahunya.Vertebra ini menopang tengkorak dengan cara yang sama.

FAKTA-TIS,Tulang belakang berbentuk S sehingga lentur ketika kita berjalan daN BERLARI.Membantali kepala dari hempasan ke tanah.

Tubuh manusia

Tubuh manusia

Bagian yang bergerak

Bagian kedua dari kerangka disebut kerangka appendicular.Appendicular artinya “menempel di bagian utama”.Bagin ini meliputi semua tulang yang membantu kita menggerakkan lengan dan kaki,juga tulang panggul.

Radius Radius atau tulang pengumpil adalah salah satu tulang utama lengan bawah.Tulang ini bertemu dengan tulang humerus di sendi siku.

Karpus, Delapan tulang karpal seukuran kelereng yang membentuk pergelangan.

Femur, Femur atau tulang paha adalah tulang terpanjang dan terkuat dalam tubuh.

Tulang metatarsal, Kita memiliki 22 tulang disetiap telapak kaki,termasuk lima metatarsal disepanjang telapak kaki

Humerus, Ini adalah tulang terbesar di lengan atas

Ulna, Ulna atau tulang hasta  bersama radius menjadi salah satu tulang lengan bawah yang panjang

Patella, Patella atau tulang tempurung lutut melindungi sendi lutut,dan menjadi tempat pertemuan femur dan tibia

Tibia, Tibia atau tulang kering lebih besar dari fibula,yaitu tulang lebih kecil di sampingnya,berfungsi untuk menopang berat.

Pelvis laki-laki, Kerangka laki-laki dan perempuan berbeda dibagian yang bernama pelvis atau panggul.Pada laki-laki,pelvis ini biasanya bertulang lebih tebal karena laki-laki cenderung lebih berat dan berotot.

Pelvis perempuan, Sudut di bawah tulang kemaluan disebut lengkung pubis (pubic arch).Pada perempuan,lengkungan ini lebih lebar untuk melahirkan anak.

FAKTA-TIS,Lebih dari setengah jumlah tulang dalam tubuh terdapat di tangan dan kaki kita!

ORGAN BAGIAN DEPAN ;

Otak, Berat otak orang dewasa sekitar 1,36 kg!Otak mengendalikan semua gerakan dan tindakan kita dan merupakan pusat dari semua proses berpikir.

Jantung, Pompa yang kuat ini mengirimkan darah ke seluruh tubuh.

Usus halus, Disinilah makanan diubah menjadi zat-zat yang dapat digunakan oleh tubuh kita.

Paru-paru, Kantong elastisdi kedua sisi jantung ini merupakan organ utama yang terlbat dalam pernapasan.

Lambung, Lambung adalah tangki penyimpanan dalam tubuh.Makanan akan berada di sini hingga empat jam setelah makan.

Organ adalah bagian yang lunak dalam tubuh kita.Setiap organ memiliki tugas masing-masing,dan mereka bekerja sama untuk membuat kita tetap aktif dan sehat.

ORGAN BAGIAN BELAKANG;

Kelenjar adrenal, Diatas ginjal terdapat sepasang kelenjar adrenal.Kelenjar ini menghasilkan cairan kimia,termasuk adrenalin,yang memungkinkan kita merespon situasi stress.

Ginjal, Ginjal menyaring zat berbahaya dari darah dan menghasilkan urin.

Apendiks, Apendiks atau umbai cacing berbentuk seperti cacing keluar dari bagian pertama usus besar.

Limpa, Limpa adalah organ besar yang membentuk sistim limpatis.Tugas limpa adalah menyaring sel darah merah “bekas” dan menghasilkan sel darh putih yang memerangi infeksi.

 

Apa yang sangat istimewa dari perempuan?

Perempuan memiliki satu kemampuan mengagumkan yang tidak dimiliki oleh laki-laki,mereka bisa melahirkan.Kemampuan ini berkat adanya sejumlah organ khusus dan struktur yang memungkinkan bayi tumbuh di dalam tubuh seorang perempuan.

Plasenta, Plasenta adalah organ yang di produksi oleh bayi yang sedang berkembang.Plasenta membantu mengalirkan oksigen dan nutrisi dari saluran darah ibu ke bayi.

Uterus, Uterus adalah kantong lentur yang juga disebut rahim.disinilah bayi berkembang ketika seorang perempuan hamil.

Tali pusar, Ini berupa berkas arteri  dan sebuah vena yang menghubungkan fetus (bayi yang sedang berkembang) dengan plasenta.

Serviks, Serviks adalah leher uterus.Serviks  menjadi lebih lebar selama proses kelahiran sehingga bayi bisa melewatinya dan lahir.

Apa yang sangat istimewa dari laki-laki?

Sel laki-laki dan perempuan harus bergabung agar tercipta kehidupan yang baru.Organ khusus laki-laki,penis dan testis membentuk dari setengah system perkembangbiakan ini.

Epididsimi, Bagian ini menerima sperma dari testis.Dari sini epididimis kembali ke tubuh,bergabung dengan uretra.

Uretra, Uretra membawa urin dan sperma (secara terpisah) ke penis.

Testis, Disinilah sperma,yang merupakan bagian penting dari reproduksi laki-laki,dibuat.Testis tergantung di luar tubuh agar sperma tetap dingin.

Tahukah kamu?

Sekitar 300 juta sperma dilepaskan seketika,tapi hanya satu sperma saja yang akan membuahi sel telur!

 

Visit : www.smartdetoxsynergy.com

Sumber : Cara sehat oleh Dr.Handrawan Nadesul

Baca artikel menarik lainnya : Sistem Pencernaan manusia

 

Incoming search terms:

Tags: , , , ,

Category: Tubuh Manusia

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *